Teknologi Telematika
Pendahuluan
Teknologi
informasi dan komunikasi, pada masa sekarang tidak dapat dilepaskan dengan
telematika (cyberspace). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah
mempengaruhi banyak aspek kehidupan di masyarakat, antara lain dalam alam
perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan
jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi
dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia.
Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja
harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematika yang telah berkembang
sehingga mampu menyampaikan suatu informasi. Dalam perkembangannya, teknologi
telematika telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi
elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan
jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi
sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan
teknologi. Teknologi telematika yang telah berkembang sehingga mampu
menyampaikan suatu informasi.
Materi
Contoh-contoh
dari teknologi telematika :
a. E-government
·
E-goverment dihadirkan dengan maksud
untuk administrasi pemerintahan secara elektronik.
·
Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan
yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia
(TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori
program aksi dan inisiatif untuk meningkatkan perkembangan dan penyalahgunaan
teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau
pelaksanaannya.
·
Dengan e-goverment, pemerintah dapat
menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi
pelayanan kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan dapat
diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja.
·
E-goverment juga dimaksudkan untuk
peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi
juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan
intrernasional.
·
Isi informasi dalam e-goverment, antara
lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan
bentuk interaktif lainnya.
b. E-commerce
·
Prinsip e-commerce tetap pada transaksi
jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik.
·
Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan
dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi, pengiriman
perangkat lunak (software), perbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce
juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines.
c. E-learning
·
Globalisasi telah menghasilkan
pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional
ke arah pendidikan yang lebih terbuka.
·
Di Indonesia sudah berkembang pendidikan
terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance learning) dengan media
internet berbasis web atau situs.
·
Melihat hasil perolehan belajar berupa
nilai secara online, mengecek jadwal
kuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.
·
Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan
dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan
muridnya, danmahasiswa dengan dosennya.
·
Web bernuansa pendidikan non-institusi,
perpustakaan online, dan interaksi dalam group, juga sangatlah mendukung.
d. Berdasarkan
layanan telematika di bidang transportasi
Telematika
transportasi adalah cabang teknologi yang mengintegrasikan telekomunikasi dan
software engineering di bidang sistem transportasi. Saat ini bidang ini telah
memainkan peran penting dalam manajemen efektif jaringan infrastruktur
transportasi dan menyediakan kolaborasi optimum antara berbagai jenis tipe
transportasi, atau yang dikenal dengan transportasi multimodal (multimodal
transport). TOYOTA merupakan salah satu contoh yang menerapkan layanan
telematika di bidang transportasi di Indonesia. Semakin tingginya mobilitas
masyarakat, terutama di wilayah perkotaan, membutuhkan layanan penunjang yang
mampu membantu masyarakat untuk sampai ke tujuannya dalam waktu singkat. Toyota
melihat peluang ini dengan mengembangkan layanan telematika. Telematika
(telekomunikasi dan teknologi satelit) akan menjadi bagian dari gaya hidup
berkendara di abad 21 yang harus difasilitasi. Selain itu, Toyota juga memiliki
layanan navigasi yang menggandeng perusahaan pemetaan Tele Atlas. Informasi dan
peta lengkap dengan 13.000 lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit,
hingga dealer Toyota sudah terekam. Saat ini peta tersebut sudah meng-cover
wilayah Pulau Jawa dan Bali. Pada September 2008, layanan peta akan menjangkau
mencapai Sumatra. Toyota juga mengembangkan perangkat keras dan Graphics User
Interface (GUI) yang didesain secara khusus. Dengan layanan Toyota Genuine
Accesories (TGA). Toyota juga mempermudah pengguna Toyota Navigation dengan
memberikan update perangkat lunak tanpa dikenai biaya. Toyota melengkapi
layanan telematikanya dengan layanan Mobile Reward Exchange (MORE) yang
dirancang dalam mobile platform untuk pengguna telepon seluler. Bagi konsumen
yang mengikuti MORE akan mendapat informasi seputar M-Toyota dan info program.
e. Berdasarkan
layanan telematika di bidang komunikasi
Yang
termasuk dalam layanan telematika di bidang komunikasi adalah layanan dial up
ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem
telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu
contoh telematika. Contoh lainnya, sekarang semua orang sudah mempunyai
handphone, dan semakin hari semakin pesat perkembangan teknologinya, dan
semakin memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan informasi secara langsung
baik itu dari sms maupun push email yg lagi booming-nya di Indonesia akibat
pasar handphone blackberry atau sekedar browsing dengan menggunakan wifi
ataupun WAP. Selain itu, layanan video conference merupakan layanan komunikasi
yang melibatkan video dan audio secara real time. Teknologi yang digunakan
untuk layanan video conference komersial pada awalnya dikembangkan di atas
platform ISDN (Integrated Switch Digital Network) dengan standar H.320. Secara
fungsional, elemen pendukung layanan video conference terdiri dari:
o
Terminal video conference atau endpoint
video conference, adalah perangkat yang berada di sisi pengguna video
conference.
o
MCU (Multipoint Conference Unit), adalah
semacam server yang berfungsi sebagai pengendali konferensi yang melibatkan
banyak pengguna dan banyak sesi konferensi.
o
Gateway dan gatekeeper adalah media yang
melakukan proses adaptasi komunikasi video conference berbasis ISDN ke IP dan
sebaliknya.
#
Jenis Video Conference
Jenis
video conference berdasarkan hubungan diantara pemakainya dapat dibagi menjadi
tiga bagian :
1. Real
Time Colaboration Multiparty Conferencing, merupakan sarana hubungan konferensi
yang seketika dengan resolusi yang baik dan interaktif.
2. Active
Participation Users, hubungan yang terjadi diantara pemakai dengan jaringan
komputer atau basis data, merupakan konferensi yang seketika dengan resolusi
yang baik dan interaktif.
3. Passive
Participation Users, keikutsertaan pemakai bersifat pasif dan memerlukan
hubungan yang seketika dan interaktif.
#
Jaringan Wireless
Wireless
merupakan teknologi yang bertujuan untuk menggantikan kabelyang menghubungkan
terminal komputer dengan jaringan.Wireless LAN distandarisasi oleh IEEE
bertujuan untuk menyamakan semua teknologi nirkabel yang digunakan dibidang
computer dan untuk menjamin interoperabilitas antara semua product. Product
yang menggunakan standar ini. Teknologi wireless memiliki fleksibelitas,
mendukung mobilitas, memiliki teknik frequency reuse, selular dan handover,
menawarkan efisiensi dalam waktu (penginstalan) dan biaya (pemeliharaan dan penginstalan
ulang di tempat lain), mengurangi pemakaian kabel dan penambahan jumlah
pengguna dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pasar yang menjadi targetnya
adalah pabrik, kantor-kantor yangmengalami kesulitan dalam pengkabelan (seperti
kantor dengan interior marmer dll), perkulakan, laboraturium, tempat-tempat
yang bersifat sementara (seperti ruang kuliah, rapat, konfrensi dll) dan
kampus.
Pembahasan
Teknologi
informasi dan komunikasi tidak dapat dilepaskan dengan telematika (cyberspace).
Perkembangannya telah mempengaruhi banyak aspke kehidupan dimasyarakat. Perkembangannya
telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energy elektromagnetik
sehingga mendapatkan informasi dengan banyak dengan jangkauan transmisi yang
sangat luas sampai keseluruh dunia sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.
Didalam kehidupan masyarakat contoh-contoh yang menggunakan teknologi
informatika : a) E-Government, digunakan / dihadirkan untuk administrasi
pemerintah secara elektronik. Diindonesia pun telah menggunakannya disuatu
badan yang mengurusi tentang telematika (TKTI) singkatan dari Tim Koordinasi
Telematika Indonesia. b) E-Commerce, c) E-Learning, di Indonesia pun telah
menggunakannya. Sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak
jauh (Distance Learning) dengsn media internet berbasis web atau situs. Dan masih
banyak lagi contoh-contoh. Jadi teknologi telematika saat ini sangat berpengaruh
sekali diberbagai bidang didalam kehidupan masyarakat. Perkembangannya semakin
pesat, semakin canggih dengan seiiring perkembangan jaman.
Referensi
Nama : Lusi Sulistyarini
Kelas : 4ka31
NPM : 14110096
Tidak ada komentar:
Posting Komentar