Free Tail- Heart 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com

Senin, 02 Desember 2013

Tulisan Softkills Pengantar Telematika

Fenomena Youtube
Melihat dari judul diatas, terlintas didalam benak anda semuanya dengan sebuah situs web yang berguna untuk berbagi video. Semua orang suka menyimpan berbagai momen dalam bentuk video lalu mengunggahnya dalam situs yang bernama Youtube. Video apapun dapat di upload baik yang dianggap positif maupun negative. Semua orang dapat mengakses video di youtube ini, karena video ini dapat diakses dimana saja dan oelh siapa saja diseluruh duni secara gratis. Youtube dapat dikatakan sebagai database video paling popular di dunia internet atau bahkan mungkin yang paling lengkap dan variatif.  Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan. Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Ditengah kesuksesan dan nama besar youtube yang terus bangkit dan juga pula telah membawa orang-orang biasa menjadi luar biasa, berbagai pencekalan dan pemblokiran terhadap salah satu situs terbesar di dunia saat ini. Beberapa negara yang merasa dirugikan terhadap video-video yang terdapat di youtube melakukan pemblokiran dan aksi protes kepadanya. Sebut saja Turki, Saudi Arabia, Armenia dan Brazil bahkan Indonesia pun melalui Menkominfo Muhammad Nuh. Sebenarnya youtube hanyalah sebuah situs yang bersifat netral, artinya teknologi ini dapatlah digunakan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penggunanya (user). Itu dapat dilihat dari beragamnya video yang ada disana. . Menurut beberapa situs, perharinya ada sekitar 65.000 ribu video baru yang sangat variatif ter-upload disana. Namun jika mau menelaah lebih jauh Lagi, maka kiranya perlu diketahui pula apa maksud dan tujuan awal dari pembuatan situs ini sebenarnya.
Fenomena yang saat ini paling menghebohkan adalah video penyanyi-penyanyi dadakan yang kemudian membuat para penyanyinya menjadi sangat terkenal melebihi menteri bahkan sekjen PBB sekalipun. Tak hanya diluar negeri yang heboh dengan youtube ini akan tetapi di Indonesia
pun ikutan-ikutan. Dibawah ini ada beberapa contoh yang terkenal melalui situs youtube ini, antara lain :

1.      Justin Beiber

Penyanyi muda asal kanada yang memulai karirnya dari sebuah video yang ia unggah di situs you tube. Semua orang suka tampangnya yang imut dan tampan. Tak disangka video unggahannya mendapat respon yang positif. Dan ia terkenal dalam waktu yang singkat sungguh ajaib  youtube. 


1.      Shinta dan Jojo
Sinta jojo dengan lipsing lagu keong racun yang membuat nama kedua gadis asal kota kembang itu melejit bak bintang yang bersinar.


1.      Briptu Norman Kamaru

Siapa sih yang ga kenal dengan polisi yang lipsing lagu syahrulkhan sambil bergoyang-goyang ala india..yah, polisi yang satu ini, sempat wara-wiri di berbagai media televise karena video unggahannya yang banyak di tonton orang.


1.      Jeremy Teti
Presenter berita di salah satu statsiun swasta ini, tiba-tiba melejit karena video yang d unggah oleh eka gustiawan. Dan lagi-lagi penyuka you tube menyukainya.

1.      Arya Wiguna
Pria yang satu ini, juga tak menyangka jika hidupnya berubah 180 derajat ketika video kemarahannya dengan eyang subuh di unggah oleh eka gustiawan.

1.      Aaron Ashab
Pria  tampan bernama Aaron Ashab kini tidak menyangka jika videonya yang dia unggah ke youtube membuatnya populer. Video mix ala rapper tentang sayur ini sudah ditonton hingga ratusan ribu kali. Namanya kian melejit setelah tim liputan 6 maupun infotaiment mulai mewawancarai dan meliput dirinya maupun aktifitasnya. Public mulai penasaran dengan sosok pemuda tampan ini yang sebenarnya sudah sejak lama dia mengcover lagu-lagu di youtube. Namun namnya mencuat sejak video berjudul Sayur Lodeh Song-Tim Pintar SCTV dia upload ke youtube.


Diatas merupakan beberapa contoh artis dadakan yang terkenal melalui situs youtube ini. Mungkin ada diantara teman-teman yang masih pemula bingung jika ingin mengupload video di youtube. Agar anda bisa upload video di youtube maka pertama anda harus daftar menjadi member di youtube (tanpa dipungut biaya karena layanan upload video di youtube bersifat gratis). Setelah mendaftar di youtube anda akan memperoleh akun (account) youtube yang bisa digunakan untuk login (sign in) ke situs youtube agar dapat melakukan upload video. Yang perlu anda perhatikan jika ingin meng-upload video ke youtube maka usahakan ukuran filenya tidak terlalu besar, karena jika ukuran filenya besar akan susah di upload dan juga susah di download oleh user yang membuka video anda,mengingat koneksi internet di Indonesia yang sangat lambat, sebaiknya ukuran filenya maksimal 30 MB, jika ukurannya lebih besar sebaiknya dipecah menjadi beberapa bagian, atau diturunkan kualitas gambarnya agar ukuran filenya menjadi lebih kecil, dan durasi (lama tayangnya sebaiknya tidak lebih dari 10 menit).
Berikut prosuder lengkap untuk mengupload video ke youtube :
1.      Buka situs youtube, dipojok kanan atas klik tombol sign in

Jika anda belum mempunyai akun youtube, anda dapat membuat account di youtube dengan cara berikut :

1.      Masukkan akun youtube, atau google account (user nama dan password) kemudian klik sign in.

1.      Setelah login ke account youtube anda, maka anda dapat memulai upload video ke youtube. Dibagian pojok kanan atas halaman, klik Upload.

1.      Klik Upload video.
1.      Pilih file di komputer yang akan di Upload, lalu klik Open.

1.      Tunggu hingga proses upload selesai. Anda dapat menambahkan deskripsi tentang video dan tag untuk memudahkan search engine mengenali isi atau tema video anda. Pilih caterogry yang sesuai dengan tema file video youtube lalu klive save change.

1.      Untuk mendapatkan link file video youtube anda, maka klik “Embed and Sharing Options”.

Setelah semua step yang diatas dilakukan sesuai dengan prosedurnya, maka video anda telah berhasil diunggah kedalam situs ini dan anda dapat langsung kunjungi video tersebut untuk melihat hasilnya. Selanjutnya Bagaimana Cara Mendownload Youtube ?  caranya adalah sebagai berikut :
Sebenarnya sangatlah mudah mendownload sebuah video melalui situs youtube.com jika anda mengetahui caranya. Lalu bagaimana caranya ? mari kita simak bersama-sama. Ada berbagai cara untuk mendownloadnya, yaitu :
1.      Cara Mendownload Youtube Dengan IDM (Downloader)
Disini kita membutuhkan sebuah software untuk mendownload video youtube. Dengan cara, Anda cukup install IDM Full Version pastinya, lalu icon download akan muncul ketika anda mengklik tombol play pada video yang anda lihat di youtube. Klik icon IDM lalu download akan secara otomatis dilakukan oleh IDM.

2.      Cara Mendownload Youtube Tanpa Software
Nah jika tadi kita mendownload menggunakan software, maka dipembahasan ini tidak menggunakan software. Lalu bagaimana caranya ?  Caranya adalah anda cukup menuju ke situs Keepvid dengan alamat = keepvid.com. Anda cukup menyuntin alamat dari video yang anda ingin donwload dan masukkan ke kotak pencarian Keepvid dan selesai, maka anda bisa download sepuasnya.

3.      Cara Mendownload Youtube Dengan Google Chrome
Oke selanjutnya adalah bagaimana caranya mendownload video dengan menggunakan browser kita masing-masing, yang kita bahas adalah misalkan Google Chrome. Apa bisa? tentu saja bisa, sangat mudah daripada kedua cara diatas. Yang perlu anda lakukan hanyalah menambahkan extension pada Chrome dengan menuju ke link ChromeExtensions.org lalu instal pada browser anda.

4.      Cara Mendownload Youtube Dengan Menggunakan Layanan Situs Youtube-mp3.org
Anda mungkin tidak banyak tahu mengenai cara ini, karena memang jarang dipergunakan oleh khalayak ramai, tapi ternyata bisa juga digunakan untuk download video youtube melalui situs ini, dan bisa disebut juga sebagai halaman alternatif dari Keepvid tadi. Berikut linknya silahkan kunjungi Youtube-mp3.org

Nah diatas merupakan penjelasan mengenai fenomena youtube. Didalam pembahasan ini juga terdapat bagaimana cara mengupload sebuah video dan bagaimana cara mendownloadnya pula. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua yang belum tahu banyak mengenai situs youtube ini. Cobalah untuk memanfaatkan apa yang sudah ada seperti contohnya youtube. Anda bisa mulai meng-upload video-video yang menunjukkan bakat anda bersama teman atau saudara, mungkin saja ada produser rekaman yang tidak sengaja mampir ke video anda dan tertarik dengan bakat yang anda miliki (hehehe). , diharapkan para pengguna internet, khususnya youtube dapat lebih berhati-hati. Jangan lupa untuk terus melihat apakah video tersebut aman untuk dilihat atau tidak. Pakailah internet sebagaimana mestinya dan jangan sampai disalah gunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Nama : Lusi Sulistyarini
NPM : 14110096
Kelas : 4KA31

Sumber Gambar :
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar