Free Tail- Heart 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com

Jumat, 28 Oktober 2011

Teori Organisasi Umum 1# Tulisan2


Tulisan 2
  • Berikan contoh perusahaan yang menjalankan perkembangan organisasi atau bekerja sama (go publik, anak perusahaan, dan sebagainya) !
Jawab :

Anak Perusahaan Pertamina Akan "Go Public"

Alhamdulillah saya telah menyelesaikan sebuah tulisan yang sederhana ini. Tulisan ini saya buat dari sebuah pertanyaan yaitu “berikan contoh perusahaan yang menjalankan perkembangan organisasi atau bekerja sama (go public, anak perusahaan, dan sebagainya)”. Saya mencari isi tulisan ini di berbagai sumber contohnya di google, wikipedia, dibuku-buku tentang teori organisasi umum, dan sebagainya. Sebagai penyusun, saya akui tidak terlepas dari kesalahan dan keterbatasan. Karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan penulisan tulisan selanjutnya.  Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya untuk mengetahui atau mendalami tentang salah satu contoh perusahaan yang menjalankan perkembangan organisasi atau bekerja sama go public, anak perusahaan dan sebagainya).
          sbagai Organisasi yang memiliki banyak anggota dan banyak bidang. tentunya Organisasi memiliki perkembangan untuk perubahan Organisasi tersebut.Setiap anggota yang terdiri didalam Organisasi sudah pasti pula memiliki ide-ide atau gagasan yang bertujuan untuk melakukan perubahan terhadap suatu Organisasi, usaha apakah yang dilakukan ? tentunya usaha-usaha yang bermanfaat dan dapat membuat perkembangan bagi Organisasi. Lalu apa pengertian dari Pengembangan Organisasi ? untuk mengetahuinya silahkan menyimak penjelasan di bawah ini .
          Pngertian Pengembangan Organisasi adalah merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.semua ide-ide atau gagasan yang mengitregasikan peningkata efektivitas suatu Organisasi berawal dari keinginan anggota Organisasi dan persetujuan bersama anggota/staff Organisasi tersebut.
Organisasi Go Public 
        Organisasi Go Public adalah organisasi yang bisa di bilang berhasil dalam memajukan suatu Organisasi, karena tinggat keefektifan dan eksistensi suatu Organisasi akan naik.untuk mencapai tahapan ini tentu saja ada rencana untuk melakukannya. biasanya Organisasi akan membuat perncanaan untuk organisasinya seperti :
  • Memperbaiki struktur dalam Organisasi
  • Meningkatkan Kapasitas Produksi Organisasi
  • Memperluas jaringan Organisasi
  • Memperluas hubungan kerjasama Organisasi
  • Memperluas hubungan bisnis dengan mitra kerja Organisasi
  • Memperbaiki sistem Permodalan, sistem Informasi dan dokumen Organisasi
Contohnya :
Anak perusahaan Pertamina yang bergerak di sektor hilir diharapkan akan "go public" lagi pada tahun ini, menyusul suksesnya PT Elnusa Tbk, kata Direktur Keuangan Pertamina, Ferederick ST Siahaan.
"Ada satu atau dua anak usaha lagi yang menyusul tahun ini," ujarnya di sela-sela pencatatan Elnusa di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu. Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Ari Soemarno, mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk tim restrukturisasi perusahaan yang akan menentukan anak usaha mana yang layak dilepas ke publik.Ari mengatakan, saat ini ada sekitar 19 anak usaha yang langsung dimiliki oleh Pertamina. Anak usaha itu ada yang dibidang hulu, hilir, rumah sakit dan lain-lain. Nanti tim itu yang akan mengkaji mana yang bagus untuk dilepas tapi kita tunggu hasil kajiannya," katanya.
Kriteria anak usaha Pertamina yang akan "go public" adalah yang memiliki laba tiga tahun berturut-turut. Dari kriteria itu ada 12 anak usaha yang memenuhi syarat salah satunya Tugu Pratama, dan Patra Niaga.
Sementara itu Dirut Bursa Efek Indonesia (BEI), Erry Firmansyah, mengatakan bahwa dengan "go public", maka Elnusa membuktikan Pertamina bisa membuka dirinya.  Selama ini Pertamina memiliki citra sebagai perusahaan yang kalau boleh dibilang kurang baik dan tidak terbuka," kata Erry.Erry berharap, dengan masuknya Elnusa di BEI dapat menjadi contoh bagi BUMN lainnya untuk menjadi perusahaan go public atau terbuka sehingga bisa mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).Sedangkan, Ari mengatakan, pencatatan Elnusa di BEI merupakan langkah awal bagi Pertamina untuk dapat menjadi transparan dan terbuka dalam menerapkan GCG.
Kesimpulan :
Pengembangan Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian. Salah satu contoh dari perusahaan yang menjalankan perkembangan atau bekerja sama (go public, anak perusahaan) yaitu anak perusahaan pertamina yang akan go public yang bergerak di sektor hilir, dan diharapkan pada tahun ini akan menyusul suksesnya PT Elnusa Tbk. Kriteria anak usaha Pertamina yang akan "go public" adalah yang memiliki laba tiga tahun berturut-turut. Dari kriteria itu ada 12 anak usaha yang memenuhi syarat salah satunya Tugu Pratama, dan Patra Niaga.

Sumber :

Nama : Lusi Sulistyarini
Kelas : 2 KA 31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar