Free Tail- Heart 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com

Selasa, 23 November 2010

tugas artikel tentang sistem informasi (teknologi) 2


Ponsel-Ponsel Yang Bekerja Di Sistem Operasi Linux

Linux sebelumnya hanya dikenal sebagai peranti lunak dan aplikasi open source untuk sistem pengoperasian komputer diluar peranti lunak propietary. Bahkan dengan keluarnya sistem operasi kernel [komponen penting di sistem operasi] Linux versi 2.6 pada 2003 lalu, peranti lunak itu telah memberikan banyak manfaat terhadap kemajuan teknologi.

Perubahan yang berarti dengan keluarnya sistem operasi kernel itu bisa dirasakan pengguna server atau peranti embedded [peranti yang ditanam]. Contoh peranti embedded adalah ponsel. Bisa dipastikan ponsel berbasis Linux adalah salah satu yang akan mendapat manfaat terbesar kernel 2,6 ini.

Salah satu ponsel yang menggunakan aplikasi Linux pada sistem operasinya adalah Motorola A780. Menurut situs phonescoop.com, ponsel yang baru diluncurkan tersebut ditujukan untuk pengguna bisnis dan eksekutif muda karena ponsel itu bisa sebagai sarana hiburan yang nyaman dan tentunya untuk mendukung aktivitas bekerja.

Selain sistem operasi Linux, ponsel ini juga mengusung teknologi enhanced data for GSM evolution (EDGE) dan Java. Teknologi EDGE akan meningkatkan kecepatan transfer data dan akses nirkabel dibandingkan dial up menggunakan kabel. Konektivitas nirkabel diberikan bluetooth dan wireless area network (WAN)

Seperti pada produk sebelumnya, Motorola A780 berjalan dengan kernel Linux sebagai otak dari semua sistem. Dari kernel tersebut dapat dikirimkan beberapa aplikasi pada mesin virtual Java.

Dengan menggunakan basis pengoperasian Linux, maka penggunaan ponsel Motorola ini bisa juga untuk menghemat waktu dan biaya dibandingkan peranti lunak propietary.

Desain kerang masih menjadi andalan Motorola pada ponsel terbarunya itu selain layar sentuh LCD TFT dengan resolusi 240x320 piksel dan 65.000 warna. Kapasitas memori yang mencapai 48MB bisa untuk menyimpan berbagai pesan dan gambar penting dalam agenda pribadi (PIM).

Teknologi Motorola MotoSync akan memberikan sistem keamanan yang terintegrasi, dan memiliki kemampuan untuk sinkronisasi lewat udara (OTA) dengan email perusahaan dan server PIM. Dalam hal ini MotoSync akan mendukung email berformat POP3, IMAP4, SMTP dan SyncML.

Peranti lunak yang menyertai Linux antara lain Acrobat Reader, Microsoft Office, penjelajah HTML dan speakerphone. Sedangkan jenis Internet nirkabel yang bisa diakses adalah WAP 2.0, WML, xHTML, dan HTML

Tidak terlalu mengejutkan bila ponsel Motorola tersebut telah mendukung fungsi pemutar musik MP3, perekaman video dan pengiriman pesan multimedia (MMS) berupa video, gambar animasi, foto dan musik. Karena fungsi personal digital assistant (PDA) dan ponsel telah terangkum di dalam A780.

Selain mengusung kemampuan layaknya sebuah PDA, ponsel itu juga memiliki menu kamera digital beresolusi 1,3 megapiksel. Tidak itu saja, penggabungan aplikasi Java dan Linux akan memberikan games yang menarik bagi penggunanya.

Ponsel yang bekerja pada frekuensi jaringan GSM800/900/ 1800/1900 itu memiliki waktu bicara selama enam jam dan waktu siaga 190 jam dengan baterai jenis Li-Ion.

Selain ponsel merek Motorola, vendor asal Cina E28 juga telah memproduksi sebuah ponsel yang bekerja dengan sistem operasi Linux.

Ponsel tersebut diberi nama E2800 yang memiliki basis komunikasi GSM/GPRS.

Situs linuxdevice.com menyebutkan ponsel tersebut menembak pasar utama segmen pengguna menengah ke atas. Fungsi PDA, layar sentuh, tulisan tangan dan kamera juga teraplikasi dalam E2800.

Ponsel yang bekerja pada jaringan frekuensi 900/ 1800MHz itu memiliki memori internal 32MB SDRAM dan bisa ditambah dengan memori eksternal mencapai 512MB.

Sistem operasional Linux menggunakan kernel seri 2,4 dengan prosesor ARM9 dengan dua bahasa yaitu Cina dan Inggris.

Ponsel tersebut memiliki layar sentuh LCD TFT berukuran 2,4 inci dan resolusi 240x320 piksel dan 4.096 warna. Sementara kamera berlensa CMOS-nya bisa menghasilkan gambar beresolusi 110.000 piksel.

Peranti lunak yang menyertai sistem operasi Linux antara lain OMA SyncML untuk sinkronisasi Outlook. Sementara aplikasi lainnya antara lain file MIDI, MP3 dan j2ME.


Sumber :  Bisnis Indonesia


Pendapat Saya :  semakin hari semakin banyak kemajuan didalam bidang teknologi. Baik itu didunia maupun di Indonesia. peranti lunak itu telah memberikan banyak manfaat terhadap kemajuan teknologi. Dan Perubahan yang berarti dengan keluarnya sistem operasi kernel itu bisa dirasakan pengguna server atau peranti embedded [peranti yang ditanam].


Nama : Lusi Sulistyarini
Kelas : 1 KA 31
Npm : 14110096

Tidak ada komentar:

Posting Komentar