Free Tail- Heart 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com

Selasa, 27 November 2012

Tren boyband dan girlband Korea di Indonesia


Tren boyband dan girlband Korea di Indonesia

Assalamualaikum..

Hai semuanya,,kembali lagi dengan saya. Saat ini saya akan membahas seputar boyband dan girlband Korea di Indonesia. Oke simak baik-baik yah ^_^

Korea, mendengar nama korea pasti langsung tertuju pada boyband dan girlband nya. Karena saat ini korea sedang membuming (terkenal) diseluruh dunia, termasuk indonesia. Saat ini selera masyarakat Indonesia terutama kalangan remaja sedang mengidolakan girlband dan boyband. Sebenarnya sudah ada sejak dahulu boyband dan girlband ini misalnya Bening, Westlife, Boys2man, dan lain-lain. Jadi bukan hal aneh lagi jika boyband dan girlband kembali merajai musik di dunia. Mungkin perbedaan yang saat ini dan dahulu aliran musik mereka lebih semangat dan penampilan lebih diutamakan. Tak heran saat ini kalangan remaja mengikuti jejak mereka dengan membentuk boyband dan girlband. 

"Boyband dan Girlband itu apa?".

Boyband dan Girlband itu sekelompok orang (laki-laki maupun perempaun) yang membentuk sebuah grup menyanyi yang terdiri dari 4orang atau lebih. Boyband dan Girlband ini menampilkan pertujukan menyanyi diiringi dengan gerakan tarian dance. Dari segi penampilan mereka sangat serasi, kompak dari pakaian dan makeup (tata rias).

Saya pun terjerumus dalam era boyband dan girlband ini. Berawal dari adik saya yang mengidolakan sebuah boyband yang berasal dari Korea bernama Super Junior. Yang membuat saya tertarik dengan Super Junior ini adalah boyband ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan boyband yang lainnya. Aliran musik dan penampilan pun berbeda dengan yang lainnya. Semua personil SuJu (sebutan untuk Super Junior) ramah dan humoris. 

“Siapa itu Super Junior ?”




Super junior, dengan mendengar namanya saja pasti kalangan remaja sudah tahu. Suju ini awalnya beranggotakan berjumlah 13 orang, yang terdiri dari Leeuteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum dan Kyuhyun. Super Junior ini merupakan salah satu boyband terbesar di dunia. Album perdana mereka berjudul “SuperJunior05(Twins)” yang rilis pada tahun 2005. Di album perdananya ini banyak sekali respon dari para penggemarnya di seluruh dunia. Maka setelah itu mereka mengeluarkan album keduanya pada Februari 2006 yang berjudul “Miracle”, selanjutnya mereka merilis kembali album pada September 2007 yang bernama “Don’t Don”. Pada 19 Maret 2009 akhirnya mereka merilis album ketiga yang diberi nama “Sorry Sorry”. Awal 2010 kembali Suju mengeluarkan album dengan nama “Bonamana”. Pada tahun 2011 mengeluarkan album yaitu “Mr.Simple”, dan pertengahan tahun 2012 ini Suju pun kembali mengeluarkan album terbaru yaitu “Sexy Free and Single (6jib)”.

“saya ingin berbagi cerita seputar konser Super Junior di Indonesia”.

Suatu ketika, saya mendengar jika Suju akan datang ke Indonesia. Saya berteriak histeris karena saya membayangkan jika saya akan ketemu langsung dengan para personilnya secara NYATA. Ini seperti mimpi bagi saya, mimpi yang selama ini dan itu akan terwujud juga. Sedikit terdengar “alay” (sebutan untuk orang yang terlalu norak,heboh) tetapi itu salah satu cara saya untuk mengekspresikan kegembiraan saya. Dari jauh-jauh hari saya menabung untuk membeli tiketnya, harga tiket lumayan cukup mahal. Berkisar antara 500ribu-1juta, apa daya uang yang sudah terkumpul hanya berkisar 500rbu. Akhirnya hari H telah tiba, saya pun dari kampus dengan tergesa-gesa menuju tempat konser di Ancol Meis. Dengan taksi saya menyusuri kemacetan IbuKota Jakarta, tepat pukul 18.00 saya tiba di Ancol. Ternyata untuk menonton konser suju membutuhkan perjuangan ekstra, dari menembus kemacetan Jakarta dan harus menembus antrian yang panjang. Sekitar 1000rbu orang yang menonton konser tersebut, rata-rata dari kalangan remaja. Membutuhkan waktu 1jam untuk mengantri masuk ke venue (tempat konser), tepat pukul 19.00 gate (gerbang pertunjukan) dibuka. Sudah didalam, saya dengan cepat mencari tempat duduk yang telah diberi nomer di tiketnya. Saya mencari-mencari nomer kursi saya, ternyata kursi saya sudah ditempati orang lain. Saya protes kepada panitia akhirnya saya ditempatkan di festival C, kalian tahu festival C dimana? Ternyata oh ternyata posisinya itu didepan panggungnya langsung. Iya Allah tidak menyangka sekali saya bisa melihat idola saya secara langsung didepan wajah saya. Selama konser saya tak berkedip karena tidak menyangka dapat melihat secara langsung dengan kepala mata saya sendiri. Rasanya bahagia sekali, saya terhanyut dalam konser tersebut selama 4 jam itu. Itulah salah satu cerita saya seputar idola saya yang dapat melihat secara langsung. 


“Apa arti sebuah fans ?”

Banyak definisi yang dapat menjawab pertanyaan diatas, tetapi menurut saya fans adalah sekelompok orang yang mengidolakan suatu band, public figur atau tokoh. Di dunia ini banyak sekali fans club yang mengidolakan masing-masing idolanya. Termasuk saya, saya adalah fans dari Super Junior yang diberi nama Elf (EverLasting Friends). Biasanya fans ini tidaklah mendukung saat si idolanya pada saat bergembira akan tetapi mereka memberikan dukungan saat si idola sedang terpuruk jatuh. Dari yang saya tahu dan baca di sebuah artikel fans club, mereka selalu mengadakan acara-acara untuk menjaga silahturahmi antar sesama fans akan tetapi mereka juga berbagi info, cerita seputar idolanya. Jadi intinya sebuah fans club itu tidak melakukan kegiatan yang tak berguna akan tetapi mereka melakukan sesuatu yang berguna. Tanpa adanya fans, mereka juga tidak akan terkenal seperti saat ini.

“kembali lagi kepada pembahasan awal saya” 

Sebenarnya tidak masalah jika boyband dan girlband ini masuk ke dalam selera musik masyarakat indonesia. Dengan adanya aliran musik mereka menjadi tambah banyak variasi jenis musik di Indonesia. Secara lambat laun juga akan terbukti nantinya siapa yang dapat bertahan di dunia musik Indonesia. Mungkin saat ini jaman era boyband dan girlband berjaya kembali, tapi suatu saat akan ada jenis-jenis musik baru yang bermunculan. Kesimpulannya, sah-sah saja kita mengidolakan siapa saja. Boyband, girlband atau apa pun itu yang terpenting kita mengidolakan seseorang secara berlebihan. Semua ini adalah hak setiap orang untuk berekspresi mengidolakan seseorang maupun public figur lainnya. 

- Terima Kasih -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar